Japara dikenal dengan keindahan ukirannya sudah sejak masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1521-1546), terbukti dengan ditemukannya ukiran Jepara berupa artefak peninggalan zaman Ratu Kalinyamat di masjid mantingan.  Pada masa itu, Ratu Kalinyamat meminta kepada Sungging, patihnya, untuk memperindah Masjid Mantingan dan Makam Jirat (makam untuk suaminya) dengan berbagai macam ukiran dan artefak. Dan hingga kini, ukiran-ukiran tersebut dan 114 relief pada makam dan masjid Mantingan masih bisa disaksikan.

Secara turun temurun kesenian ukir Jepara diajarkan. Dan hingga kini Jepara dikenal sebagai kota ukir, tidak hanya seluruh nasional tapi internasional. Hal ini tidak berlebihan, pasalnya produk-produk Jepara sudah sangat terkenal dan sangat banyak penyuka seni ukiran Jepara dari berbagai negara. Amerika Serikat misalnya, negara adidaya merupakan tujuan ekspor terbesar Jepara.

Salah satu hal yang menarik dari ukiran Jepara adalah di setiap daerah di Kota Jepara , memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Desa Senenan misalnya, desa yang berada di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara ini terkenal dengan teknik seni ukir reliefnya.
Ketika Anda melihat seni ukiran relief, sudah barang tentu mata Anda akan terbelalak. Bagaimana tidak, seni ukir relief dibuat dari sebuah papan kayu utuh yang kemudian dipahat sedemikian rupa hingga berubah wujud menjadi gambar tiga dimensi yang benar-benar hidup.

Sekarang, desain relief sudah semakin berkembang, tidak hanya pemandangan saja. Yakni berkembang ke desain dimensi lain. Nah, salah satu jenis seni ukir relief dari Desa Senenan yang paling menarik dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi adalah ukir relief krawangan.  Ukiran tembus atau krawangan ialah suatu bentuk ukiran yang tidak menerapkan dasar, jadi ukiran ini dasarnya tembus (berlubang), sehingga sering dipakai untuk penyekat ruang (sketsel), kursi, ukir tempel dan sebagainya. Kayu sebagai salah satu bahan utama ukiran berperan penting dalam pengerjaan suatu karya seni ukiran. Mendapatkan jenis kayu tertentu dalam pembuatan sebuah hasil karya akan menunjang hasil karya seni ukir yang maksimal.
Untuk itu, sebagai bentuk penghargaan keseniaan ukir Jepara yang mendunia. QimoJapara pada kesempatan kali ini memvisualisasikannya ke dalam bentuk kaos. Pada visualisasi kaos tersebut akan dipampang gambar ukiran relief jenis krawang yang mempunyai tingkat kesenian tinggi. Ukiran relief itu berbentuk flora dan fauna berwarna coklat yang nampak sangat seimbang.

Souvenir-Distro-Ukiran-QimoJapara-Kaos-Jepara-Indonesia
Tambahan garis segi panjang dan yang mengelilingi ukiran relief tersebut serta tulisan “Japara” di bagian atas dan “Relief Characters” di bagian bawah akan membuat kaos bertema Relief Senenan semakin menambah elegan dan sedap dipandang.
Selain keren, Qimo Japara juga memperhatikan aspek kenyamanan. Untuk itu, jenis kain yang kami pilih adalah cotton combad 30s. Pasalnya, kain jenis ini dikenal lembut, halus dan nyaman dipakai. Adapun jenis sablon, kami memakai tinta discharge yang menyatu dengan kain cotton combad.
Bagaimana Anda tertarik untuk mengoleksi karya qimojapara?
Silahkan langsung datang di toko oleh-oleh khas Jepara ini yang berada di :
offcial store QimoJapara di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59415.

Untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa di :
Instagram : qimojapara
twitter        : qimojapara
Facebook  : qimojapara
Jangan lupa, selalu dan update info terbaru kami di media sosial. Kami tunggu kehadiranmu.