QimoJapara – Sebagai salah seorang tokoh yang berpengaruh di Jepara khususnya, dan di dunia pada umumnya, Kartini dengan semangat dan cita-citanya memang layak untuk diangkat dan divisualisasikan ke dalam sebuah karya.

Dalam seri kali ini, Qimo Japara mengangkat tema  sebagai  the great queen. Dan menurut kami hal itu tidaklah berlebihan. Lantaran dengan gagasannya, banyak orang yang tercerahkan untuk menjadi manusia merdeka, merdeka dari sistem adat, sistem feodal yang merampas hak-hak seorang manusia.

Gagasan Kartini menjadi role model perjuangan tidak hanya bagi bangsa Indonesia saja, tetapi juga dunia. Tak ayal, Abendanon, sahabatnya mengumpulkan surat-surat Kartini ke dalam sautu buku yang di beri judul  “Door duisternist Tot Licht” yang dalam arti harfiyahnya mempunyai arti, dari kegelapan menuju cahaya.

Oleh-oleh-kaos-Surat-Kartini-QimoJepara-Souvenir-Japara-Indonesia

Abendanon memilih kata itu sebagai judul itu tentu tanpa alasan. Hal ini dikarenakan, dalam banyak suratnya, Kartini sering menyebut kalimat tersebut.

”Kartini berada dalam proses dari kegelapan menuju cahaya (door duisternis Tot Licht). Namun cahaya itu belum purna menyinarinya secara terang benderang, karena terhalang oleh tabir tradisi dan usaha westernisasi”

Tulisnya dalam salah satu surat kepada sahabatnya.

Ya, surat-surat yang dikirimkan Kartini adalah suatu proses Kartini dari kegelapan menuju cahaya. Dalam proses itulah muncul gagasan-gagasan segar kartini yang begitu menginspirasi dunia.

Kartini tidak hanya menulis, ia adalah wanita tangguh yang memperjuangkan hak-haknya. Ia berjuang meski aral rintangan melintang di tengah adat istiadat yang mencekeramnya.

Dari gambaran itulah tim desain Qimo hadir memvisualisasikannya ke media kaos yang begitu artistik dengan tehnik manual.

Dalam kaos seri The Great Queen ini, Tim Desain QimoJapara menampilkan gambar kartini dipadu dengan typo The Great Queen di sampingnya. Gambar tersebut dihasilkan bukan dari teknik sembarangan, yakni dengan teknik pointilism. Sebuah seni menggambar yang begitu digandrungi di masa-masa ini.

Pointillism adalah teknik menggambar yang tersusun atas titik-titik kecil sehingga membentuk sebuah objek gambar. Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan teknik ini. Tapi perlu diketahui, pointillism merupakan teknik gambar yang kini mulai digeluti beberapa ilustrator di Indonesia.

Jika kamu adalah penggemar lukisan atau gambar, kamu bisa melihat sebanyak ribuan titik-titik kecil pada sebuah gambar yang dihasilkan dengan teknik ini. Namun berbeda jika kamu melihatnya dari kejauhan, keindahan gambar pointillism menyajikan bentuk dan gradasi warna yang dibuat dari sekumpulan ribuan titik-titik tersebut. Gambar yang dihasilkan pun jadi gambar yang memukau.

Oleh-oleh-kaos-Surat-Kartini-QimoJapara-Souvenir-Jepara-Indonesia

Kaos Qimo Japara seri The Great Queen ini, perpaduan dari teknik menggambar yang indah dan semangat kartini yang tak pernah padam. Tak hanya itu, di bagian belakang kaos ini juga tersematkan kalimat door duisternis Tot Licht sebuah kalimat kartini yang begitu melegenda itu.

Oleh-oleh-kaos-Kartini-Qimo-Souvenir-Japara-Indonesia

Saat ini, desain kaos seri the great queen ini sudah bisa Qimolovers koleksi dan dapatkan secara online maupun offline di official store Qimo Japara. Kaos seri the great queen ini berwarna biru tua dengan menggunakan sablon discharge. Bahan kain yang dipake menggunakan cotton combad 30s yang pastinya membuat nyaman saat dipakai.

Oleh-oleh-kaos-Surat-Kartini-Qimo-Souvenir-Jepara-Indonesia

Pusat-Oleh-oleh-kaos-Kartini-Qimo-Souvenir-Japara-Indonesia

Yuk datang ke Qimo Japara,
offcial store Qimo di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59415.

Untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa di :

Instagram/twitter/facebook : @qimojapara

Jangan lupa, selalu dan update info terbaru kami di media sosial.  Kami tunggu kehadiranmu.