QimoJapara – Salah satu identitas kaos Jepara yang saat ini paling populer dikalangan anak muda millenal yakni Qimo Japara, kembali menyuguhkan sebuah desain kaos bertema Japara Local Heritage. Desain dengan tema lokal budaya yang kembali disuguhkan dengan proses kreatif dan mempunyai makna dalam goresannya.

Kenapa mengangkat desain Perang Obor? Karena, Perang Obor atau juga sering disebut obor-oboran, merupakan salah satu kebudayaan lokal Jepara yakni upacara tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Jepara, khususnya Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Perang Obor sendiri, rutin digelar setiap Senin Pahing, malam Selasa Pon di Bulan Dzulhijjah dalam kalender Jawa atau Arab.

QimoJapara yang selama ini berfokus pada desain kaos yang mengangkat tema tentang seni, sejarah, budaya maupun Kartini Jepara menyuguhkan desain kaos Perang Obor dimaksudkan untuk nguri -nguri dan juga mengenalkan kebudayaan yang dimiliki kabupaten Jepara melalui media kaos. Hal ini dimaksudkan agar kebudayaan Jepara terutama di Desa Tegal Sambi Tahunan bisa tetap eksis serta bisa dinikmati oleh warga masyarakat Jepara khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Sketch-desain-kaos-kebudayaan-tradisi-Perang-Obor--Jepara-QimoJapara-Indonesia

Sketch-lettering-typographi-desain-kaos-kebudayaan-tradisi-Perang-Obor--Jepara-QimoJapara-Indonesia

Desain kaos Perang Obor dari Qimo Japara sendiri adalah menggunakan tehnik lettering / tipopgrafi yang dibuat secara manual untuk memperlihatkan nilai estetik dan karakternya. Selain itu disematkan pula dengan tiga simbol yang identik dengan Tradisi Perang Obor. Diantaranya tempat Kemenyan, ikon api dan blarak ( daun kelapa kering ). Tiga media tersebut ( tempat kemenyan, api dan blarak) merupakan piranti ataupun alat yang digunakan saat melakukan Perang Obor. Obor yang terbuat dari blarak dinyalakan bersama untuk digunakan sebagai alat untuk saling menyerang yang digunakan oleh para pemain Perang Obor sehingga sering terjadi benturan–benturan obor yang dapat mengakibatkan pijaran–pijaran api yang besar.

Souvenir-oleh-oleh-kaos-khas-Tradisi-Perang-Obor-qimoJapara-Jepara-Indonesia

Untuk bahan kaos Perang Obor sendiri. QimoJapara menggunakan bahan kaos jenis katun combed 30s dengan warna abu misty dan sablon discharge yang banyak kelebihannya. Diantaranya membuat hasil sablon terlihat lebih alami dan hidup, sablon lebih tahan lama dan terjamin kualitasnya. Selain itu hasil sablon lebih menyatu pada serat kain dan hasilnya tidak kaku. Dijamin kaos dari Qimo Japara akan membuatmu lebih percaya diri karena bisa membuatmu bangga dengan menggunakan produk karya anak negeri.

Souvenir-oleh-oleh-kaos-khas-Tradisi-Kebudayaan-Perang-Obor-qimoJapara-Jepara-Indonesia

Satu lagi nih, buat Qimolovers yang ingin mengoleksi kaos edisi Perang Obor ini juga akan mendapatkan packaging yang pastinya keren, unik serta beda dari yang lain, bonus stiker, dan bonus gantungan kunci yang artistik dan fungsional.

Untuk mengetahui tempat Qimo Japara bisa datag langsung di
Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol, Jepara

Penasaran? Yuk, lihat koleksi dan cerita kami di:

Website : www.QimoJapara.com

Instagram : qimojapara
twitter        : qimojapara
Facebook  : qimojapara

Jangan lupa, selalu follow dan ikuti berita terbaru kami di semua media sosial kami, Kawan. Kami tunggu kehadiranmu.