Qimojapara – Dalam membangun sebuah brand dalam industri kreatif penting akan adanya ciri khas serta ke khas-an brand tersebut. Dimana, dengan memiliki ciri khas tersendiri, brand tersebut akan mudah dikenal dan dapat menarik minat banyak pelanggan.
Seperti yang diterapkan oleh Qimo, salah satu lokal brand Indonesia yang berbasis di Jepara ini, desain produknya selalu memiliki ke khas-an tersendiri. Ciri khas dari desain Qimo sendiri adalah seringnya mengangkat tema klasik serta kental akan lokal content yang ada di Kabupaten Jepara.

Souvenir-Kaos-Pahlawan-Seni-Kartini-Khas-QimoJapara-Jepara-Indonesia

Desain yang dituangkan dalam media kaos tersebut, diantaranya sering mengangkat tema tentang sejarah Jepara, Kartini, Karimunjawa, seni budaya dan juga sosial. Dalam pembuatan desain yang dibikin tim desain Qimo juga memiliki makna tersendiri pada setiap desainnya. Sebelumnya, tim desain Qimo dibantu bersama Komunitas Rumah Kartini Japara melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara riil atau fakta sebenarnya terkait objek yang akan dibuat untuk desain tersebut.

Proses Riset.

Hasil riset yang didapat, kemudian dipelajari terlebih dahulu, kemudian dituangkan dalam bentuk visual melalui berbagai tahapan. Proses visualisasi desain masih menggunakan cara manual, yakni dengan menggambar sket terlebih dahulu di kertas gambar. Setelah sketch selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses penyempurnaan dilakukan dengan cara digital memakai komputer. Hingga proses pewarnaan dan finishing, sebuah desain biasanya dikerjakan memakan waktu kurang lebih seminggu. Kemudian, desain baru siap untuk proses produksi sablon yang dikerjakan oleh vendor Bintang Mas dan dikoleksi oleh Qimolovers.

Makna-Sketch-Desain-Produk-Kaos-Khas-QimoJapara-Jepara-Indonesia
Didalam desain yang tergambar didalam kaos Qimo Japara, selalu memiliki memiliki makna dan pesan tersendiri. Contoh saja desain series Japara Skull Carving. Didalam desain tengkorak tersebut, tersirat makna tentang kegelisahan pengukir Jepara. Dimana, seniman ukir Bumi Kartini saat ini mulai hilang penerusnya. Dan hingga kini, pemerintah belum ada solusi konkrit untuk memberikan solusi terbaik untuk regenerasi pengukir maupun kesejahteraan pengukir Jepara saat ini.

Selain itu, desain lainnya adalah akan keindahan alam di Karimunjawa. Seperti yang tertuang didalam desain kaos seri Crimonjawajapara. Banyak keindahan bawah laut Karimunjawa yang diterapkan didalam desain. Ada yang berbentuk kuda laut, ikan, serta biota bawah laut lainnya.
Oleh-oleh-Kaos-wisata-Karimunjawa-Khas-QimoJapara-Jepara-Indonesia

Oleh-oleh-Kaos-wisata-Karimunjawa-Khas-QimoJapara-Jepara-Indonesia
Selain memiliki makna tersendiri juga ada pesan yang diangkat dalam sebuah desain kaos Qimo. Salah satu desainnya adalah tentang infrastruktur jalan rusak parah di Jepara. Qimo mencoba memvisualkan sebuah kenyataan yang ada saat ini, bahwa kebanyakan jalan didesa desa maupun jalan raya banyak yang berlubang maupun bergelombang.  Apalagi saat musim penghujan tiba, jalan seperti menjadi kolam.

Pesan yang disampaikan dalam desain kaos infrastruktur jalan tersebut adalah agar pemerintah bisa lebih sigap dan serius untuk memperhatikan pembangunan jalan di Jepara.  Hal ini agar masyarakat merasa nyaman, dan aman saat berkendara di jalan, serta tidak ada lagi korban jiwa akibat rusaknya jalan yang ada di Jepara. Masih banyak lagi tentang desain desain Qimo yang memiliki makna serta pesan tersendiri.

Penasaran untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa datang langsung datang di  distro Qimo Japara yang berada di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol, Jepara

Penasaran? Yuk, lihat koleksi dan cerita kami di:

Instagram : qimojapara
twitter        : qimojapara
Facebook  : qimojapara

Jangan lupa, Follow dan ikuti berita terbaru kami di semua media sosial kami, Kawan. Kami tunggu kehadiranmu.