Qimo Japara– Sejarah menyebutkan, Gunung Muria beserta pegunungan kecil Patiayam dulunya merupakan kepulauan tersendiri di utara pulau Jawa, para ahli menyebutkan sebagai Kepulauan Muria. Sebelum abad 17 M, kepulauan Muria ini dipisahkan oleh selat muria.

Dahulu pelayaran di selat muria ini cukup ramai dan relatif penting, pasalnya letaknya sangat strategis. Menjadi jalur yang mudah dilalui untuk berdagang, penghubung antara Jawa bagian barat dan Jawa bagian timur. Tak ayal, beberapa pelabuhan utama kerajaan di letakkan di daerah tersebut. Namun, keramaian di selat muria ini berangsur sirna lantaran sedimentasi yang masif, akibatnya selat tersebut menjadi daratan. Sehingga kepulauan Muria dan Pulau Jawa pun menyatu menjadi satu kesatuan hingga sekarang.

Ditarik lebih jauh lagi, kawasan pegunungan muria atau orang dulu menyebutnya kepulauan muria merupakan kepulauan vulkanik. Dalam arti, kepulauan muria merupakan hasi dari letusan gunung yang sangat besar hingga menghasilkan cekungan kawah yang sangat lebar. Sehingga terbentuknya sebuah daratan.  Banyak bukti yang menguatkan penelitian tersebut, seperti halnya ditemukannya beberapa kawasan berkarang di tempat tertentu.

Selain itu, di kawasan muria juga dikenal sebagai tanah yang sangat subur, banyak sekali ditemukan aneka macam tumbuhan dan buah-buahan yang tak banyak ditemukan di tempat lain, tapi melimpah ruah di kawasan muria.
Terinspirasi dari kisah kepulauan muria tersebut, Tim Desain Qimo Japara tertarik untuk merefleksikannya ke dalam sebuah karya. Memvisualisasikannya ke dalam media kaos yang memang mempunyai ciri khas berkebudayaan dan berkesenian.

Dalam imajinasi kami, hampir separuh dari pegunungan muria hilang lantaran ledakan yang sangat dahsyat. Ledakan tersebut menghasilkan kawah yang sangat besas dan lebar. Sehingga dalam penggambarannya, pucuk gunun muria seolah lepas dari pegunungan lantaran ledakannya yang sangat dahsyat. Ledakan gunung tersebut melebar kemana-mana hingga menyebabkan sedimentasi dan berubah menjadi daratan. Selain itu kami gambarkan pula serpihan-serpihan ledakan tersebut berjatuhan mengelilinginya

Ilustrasi pembuatan gambar gunung moeria tersebut kami mulai dari proses sketch dengan cara manual. Adapun teknik yang kami gunakan untuk menggambar ilustrasi tersebut adalah teknik pointilism, suatu teknik menggambar yang cukup unik karena dalam aplikasinya gambar bukan dihasilkan oleh goresan pena, tapi titik-titik. Menariknya. untuk menentukan terang atau gelapnya suatu objek yang digambar tergantung banyak sedikitnya titik pada objek tersebut.

Setelah proses sktech dasar dibuat langkah selanjutnya adalah penegasan. Pada tahap ini tim desain harus tegas memilih mana gambar yang sesuai dan mana yang tidak sesuai. Kalau tidak perlu harus tegas dihapus, kalau memang seseuai, titiknya dipertegas supaya semakin jelas.

Setelah dirasa cukup, proses selanjutnya adalah digitalisasikan ke perangkat komputer atau PC. Dimulai dari proses scan, baru kemudian kami trace di komputer. Setelah itu baru diaplikasikan pada media kaos dan disesuaikan kecocokan warnanya.

Dalam seri kaos ini, Gambar tersebut akan ditampilkan di bagian belakang. Selain itu ditambahkan gambar miniatur kecil gunung muria dengan kombinasi huruf Q sebagai simbol identitas kaos Qimo di bagian dada depan bagian kiri.

Bagaimana, keren bukan?

Souvenir Kaos QimoJapara series Gunung Muria Jepara, Kudus, Pati Jawa Tengah

Selain keren, Anda tak perlu khawatir karena bahan yang kami gunakan adalah kain cotton combad 30s yang dikenal sangat nyaman, lembut dan menyerap keringat. Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Souvenir Kaos QimoJapara series Gunung Muria Jepara, Kudus, Pati Jawa Tengah Indonesia,
Selain itu untuk sablonnya kami menggunakan teknik discharge yang memang dikenal awet dan tidak mudah rusak. Kualitas terjamin pokoknya.

Bagi Qimolovers jangan khawatir akan ukuran, karena di Qimo Japara menyediakan size dari S – XXL serta lengan pendek maupun panjang. Gimana? pasti pingin kan mengoleksi souvenir khas Jepara?

Yuk, langsung ke toko Qimo Japara di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59415.

Untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa di :

Website : www.QimoJapara.com
Instagram/twitter/facebook : @qimojapara

Jangan lupa, selalu dan update info terbaru kami di media sosial. Kami tunggu kehadiranmu.