Qimo Japara – Salah satu mitologi di kepulauan Karimun Jawa adalah adanya seekor gurita raksasa yang menjaganya. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, gurita tersebut sangat besar dan hidup di perairan Karimun Jawa untuk menjaga dari mara bahaya.

Ya, terlepas dari benar atau tidaknya mitologi tersebut, setidaknya cerita-cerita yang beredar di masyarakat setempat sangat menarik untuk didengarkan. Pasalnya, cerita-cerita tersebut merupakan kekayaan budaya lokal tersendiri. Sangat unik dan tentu saja sedikit banyak menjadi kontrol sosial bagi siapa saja agar tidak macam-macam (berlaku berlebih-lebihan) di kepulauan Karimun Jawa.

Lebih dari itu, mitologi tentang gurita raksasa penjaga kepulauan Karimun Jawa ini ternyata menjadi inspirasi tersendiri bagi tim desain Qimo Japara. Bagi kami kisah tersebut sangat layak untuk untuk diangkat dan divisualisasikan ke dalam sebuah karya.

Dalam imajinasi kami, gurita raksasa tersebut kami gambarkan berada di tengah laut perairan Karimun Jawa dengan gelombang ombak angin baratan. Tubuh gurita kami visualisasikan berwarna kuning kecoklatan, matanya berwarna hitam, memandan dengan mata yang sangat tajam. Delapan lengannya menjulur memanjang dengan bulatan-bulatan cekung yang siap untuk digunakan memangsa apa saja.

Ilustrasi gambar gurita raksasa penjaga Karimun Jawa tersebut kami proses melalui dari sketch dengan cara menggambar secara manual di kertas. Proses ini dalam pembuatan karya 2 dimensi disebut sketch kasar, yang mana masih dibutuhkan penegasan dan penyempurnaan lebih lanjut.

Desain Souvenir-Kaos-oleh-oleh-khas-Karimun-Jawa--Jepara-Illustrations-QimoJapara-Indonesia

Setelah sketch kasar selesai, langkah lanjutan dalam pembuatan karya ilustrasi gurita raksasa adalah penegasan dan finalisasi. Pada tahap ini seorang seniman harus tegas dalam menentukan mana goresan yang dipertegas, dan mana goresan yang harus dihapus. Selain itu harus menentukan beberapa element apa saja yang bisa menjadi pelengkap dari gambar ilustrasi tersebut.

Setelah difinalisasi, langkah selanjutnya adalah discan, memindahkan gambar ke PC sebagai langkah pertama dalam proses digitalisasi, dalam arti usai gambar tampail dilayar komputer, gambar ditrace dengan menggunakan aplikasi desain. Dalam proses ini setiap garis kami pertegas supaya gambar nampak detail dan sempurna. Lalu pewarnaan gambar ilustrasi gurita raksasa tersebut kami sesuaikan dengan fungsionalnya.

Selain itu pada bagian atas gambar kami berikan tulisan”CrimonJawa Island” dengan warna orange. Sebagai penegasan bahwa ilustrasi gurita raksasa di laut tersebut adalah salah satu mitologi yang berasal dari kepulauan Karimunjawa yang terkenal indah dan menjadi surganya para wisatawan.

QimoJapara Souvenir Kaos Karimunjawa Jepara Indonesia QimoJapara Souvenir Kaos Crimonjawa Jepara Indonesia

Ya, selain berkarya, Qimo Japara juga sedikit banyak melestarikan budaya dan kesenian lokal Jepara. Gambar ilustrasi gurita raksasa di Karimunjawa tersebut akan ditampilkan pada produk kaos qimo. Kaos seri Gurita raksasa ini berwarna biru dongker, dan tentu sangat pas dan matching bila dikombinasikan dengan warna gambar ilustrasi tadi. Selain mengedepankan gambar ilustrasi yang detail dan melestarikan budaya lokal, Qimo Jepara juga tak mau pandang bulu dengan urusan bahan kaos. Karena bagaimanapun bahan kaos menjadi tolak ukur kenyamanan pemakaianya.

Kaos QimoJapara selalu menggunakan bahan material kain cotton combad 30s. Bahan material tersebut dikenal sangat nyaman dan mampu menyerap keringat. Sangat cocok untuk daerah tropis khususnya Indonesia.

QimoJapara-Vendor-Sablon-Souvenir-Kaos-Crimonjawa-Jepara

Tak hanya itu, untuk menjaga agar sablon awet dan tahan lama, sablon untuk kaos Qimo Japara menggunakan jenis discharge. Teknik ini dikenal membuat gambarnya tidak mudah rusak dan sekaligus tahan lama. Bagi Qimolovers jangan khawatir akan ukuran, karena di QimoJapara menyediakan size dari M – XXL serta lengan pendek maupun panjang. Gimana? pasti pingin kan mengoleksi souvenir khas Jepara?

Yuk, langsung ke toko Qimo Japara di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59415.

Untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa di :

Website : www.QimoJapara.com
Instagram/twitter/facebook : @qimojapara

Jangan lupa, selalu dan update info terbaru kami di media sosial. Kami tunggu kehadiranmu.