Qimo Japara– Salah satu ciri orang Jepara adalah kerja keras dan kreatifitas. Terbukti Kota Jepara menjadi kota yang kaya akan kreatifitas, mampu mengolah bahan-bahan mentah menjadi barang kesenian yang bernilai ekonomi tinggi, selain itu nampak ditemui para pemuda yang tangguh bekerja keras dan berdidakasi tinggi.

Bisa dikatakan Kota yang menjadi tempat lahirnya R.A Kartini ini mempunyai budaya kerja keras dari zaman dahulu. Karena bagi mereka rejeki yang paling berkah adalah rejeki yang dihasilkan dari keringatnya sendiri. Bukan dari hasil meminta-meminta apalagi dari penipuan yang merugikan orang lain.

Terinspirasi dari budaya kerja kerasnya orang Jepara tersebut, Tim kreatif Qimo Japara terbesit untuk mengimajinasikan dalam suatu karya visual. Dengan harapan sebagai bentuk dukungan kepada budaya kerja keras orang Jepara. Sehingga menjadikan Kota Jepara ini menjadi semakin makmur dan sejahtera.

Semangat budaya kerja keras orang Jepara kami imajinasikan dalam gambar tengkorak. Pasalnya, gambar tengkorak merupakan simbol keberanian, ketabahan dan kemenangan. Tengkorak tersebut kami gambarkan mempunyai semacam rambut dengan bentuk ukiran-ukiran yang khas dengan kota Jepara, selain itu kami lengkapi pula dengan ornamen-ornamen alat untuk berkesenian seperti halnya pahat, palu, tatah hingga pensil untuk menggambar.

Gambar tersebut, bagi kami adalah satu kesatuan yang menunjukkan kebudayaan orang Jepara yang selalu kerja keas (hardwork) dengan keberanian, ketabahan dan sekaligus siap mengambil kemenangan. Selain itu gambar ini juga menunjukkkan kreatifitas dalam bentuk kesenian yang menakjubkan.

Untuk menghasilkan gambar tersebut, tim desain Qimo memulai proses dari sketsa kasar. Digambar di kertas warna putih dengan pensil hitam. Setelah sketsa kasar mulai terbentuk, baru mulai ke tahap penegasan gambar. Dalam prosesini, sketsa kasar akan menjadi acuan dasar, baru kemudian setelah polanya mulain terbentuk baru ditambahkan sedikit elemen yang dibutuhkan.

Detail-Illustrasi karya Seni Desain QimoJapara, Series Hardwork Of Japara Oleh ArtGaris Indonesia

Setelah dirasa cukup, proses selanjutnya adalah digitalisasi. Nah, pada proses ini gambar pada kertas akan discan dengan alat scanner, baru setelah itu ditrace menggunakan aplikasi desain. Setelah proses ini baru ditentukan warna kaos apa yang cocok dengan kombinasi gambar tersebut.

Mengingat tekstur dan warna gambar tersebut, menurut tim desain kami, sangat cocok untuk diaplikasikan pada kaos dengan warna hitam. Sangat matching bila gambar tersebut ditampilkan di belakang.

Souvenir-Kaos-Jepara,Desain-Hard-Work-Of-Japara-Distro-QimoJapara-Indonesia

Di bagian depannya, ditampilkan tulisan “Qimo” berwarna putih dengan jenis tipografi yang khas. Selanjutnya yang paling akhir adalah menambahkan tulisan “HARDWORKOFJAPARA” pada bagian atas gmabar tengkorak dan juga bawah tulisan Qimo.

Souvenir-Kaos-Jepara,Desain-Hard-Work-Of-Japara-Tempat-Distro-QimoJapara-Indonesia

Kaos sebagai identitas budaya Jepara ini sangat cocok bagi orang Jepara yang memang mengandalkan kerja keras dan daya kreatifitasnya. Menarik untuk dipakai kemana saja dan sangat nyaman untuk dikenakan. Pasalnya, bahan kaos digunakan dari cotton combad 30s yang dikenal sangat halus dan cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia, Selain itu sablon yang digunakan untuk menempelkan gambar tesebut dengan teknik discharge. Suatu teknik yang dikenal membuat sablon tampil baik dan tahan lama.

Souvenir-Kaos-Khas-Jepara,-QimoJapara-Indonesia

Souvenir-Kaos-Khas-Jepara,-QimoJapara-hardwork--Indonesia

 

Bagi Qimolovers jangan khawatir akan ukuran, karena di QimoJapara menyediakan size dari M- XXL serta lengan pendek maupun panjang. Gimana? pasti pingin kan mengoleksi souvenir khas Jepara?

 

Yuk, langsung ke toko Qimo Japara di Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59415.

Untuk melihat koleksi desain kaos lainnya bisa di :

Website : www.QimoJapara.com
Instagram/twitter/facebook : @qimojapara

Jangan lupa, selalu dan update info terbaru kami di media sosial. Kami tunggu kehadiranmu.