Qimojapara – Desain kaos yang dibikin Qimo selalu mengangkat tema tentang Jepara dengan isinya. Diantara adalah tentang  Karimun Jawa, Kartini, Seni dan budaya serta folklore lokal.
Dan untuk kali ini, Qimo Japara mengangkat folklore atau cerita rakyat yang ada di Jepara. Khusunya yang ada di Kepulauan Karimunjawa Jepara.

Sebelum melakukan visualisasi secara manual yang digarap Qimo, sebelumnya pernah melakukan riset di Karimunjawa. Disana, banyak sekali mendapatkan cerita sejarah dari warga masyarakat Crimon. Diantaranya adalah cerita bahwa pada jaman dulu warga pesisir Karimunjawa  sering mendapati  tentang adanya ular yang menyerupai bentuk naga berenang dipinggir lautan.

Mendengar cerita tersebut, QimoJapara sangat tertarik untuk memvisualkan cerita tersebut dengan menstilasi beberapa ikon yang menyimbulkan tentang kepulauan crimonjawa. Dimana desain seri Kuda Laut ini menerapkan sebuah gambar kepala kuda laut dengan badan ular yang melilit sebuah sampan atau dayung yang sudah usang.
Souvenir-Kaos-karimunjawa-Jepara-cerita-Crimonjawa-Qimo-Japara
Dibagian desain kepala kuda laut tersebut terdapat sebuah ornamen dedaunan yang digambar sesuai karakteristik khas QimoJapara yakni dibuat secara manual dan goresan garis garisnya  yang artistik dan detail. Untuk mempertegas sebuah desain yang kuat akan karakternya.

Seni-rupa-Souvenir-Kaos-karimunjawa-Jepara-cerita-Crimonjawa-QimoJapara

Makna dari sampan  yang disematkan dalam desain tersebut memberikan makna bahwa jaman dahulu kala, menurut cerita rakyat setempat, banyak warga crimon pribumi yang menjadi nelayan.  Saat melaut untuk mencari ikan, para nelayan tersebut masih menggunakan alat tradisional yakni perahu kayu dengan dibantu dengan menggunakan dayung atau sampan. Namun, saat ini para nelayan tersebut sudah jarang menggunakan sampan, bahkan hampir semuanya menggunakan alat mesin. Tak hanya itu, di era saat ini nelayan dikarimunjawa juga sudah mulai dan banyak beralih profesi sebagai biro agen wisata.

Maksud dari desain ini adalah mengingatkan kembali kepada masyrakat pesisir terutama di Karimunjawa untuk lebih mengingatkan akan sejarah. Dulu,  dikepulauan terluar Jepara itu masih banyak yang menjadi pelaut atau nelayan nelayan tangguh yang saat mencari ikan dengan alat tradisional yang saat ini mulai terabaikan bahkan berbelot menjadi seorang biro atau agen wisata.

Souvenir-sablon-Kaos-karimunjawa-Jepara-cerita-Crimonjawa-Qimo-Japara

Saat ini, desain kaos seri Kuda Laut ini sudah bisa Qimolovers koleksi dan dapatkan secara online maupun offline di official store Qimo Japara. Kaos seri Kuda Laut ini berwarna biru tua dengan menggunakan sablon discharge. Bahan kain yang dipake menggunakan cotton combad 30s yang pastinya membuat nyaman saat dipakai.

Souvenir-oleh-oleh-Kaos-karimunjawa-Jepara-cerita-Crimonjawa-Qimo-Japara

 

Setiap pembelian, Qimo memberikan sebuah packaging yang unik dan beda dari yang lain. Selain itu masih mendapatkan gantungan kunci dan stiker keren setiap pembelian online maupun offline.

Untuk mengetahui distro Qimo Japara bisa datag langsung di
Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol, Jepara

Penasaran? Yuk, lihat koleksi dan cerita kami di:

Website : www.QimoJapara.com

Instagram : qimojapara
twitter        : qimojapara
Facebook  : qimojapara

Jangan lupa, Follow dan ikuti berita terbaru kami di semua media sosial kami, Kawan. Kami tunggu kehadiranmu.